Pages

Thursday, April 28, 2016

Mengenal RekBer (Rekening Bersama) & Cara Kerjanya

 



Transaksi secara elektronik dan online telah memberikan berbagai perkembangan baru dalam dunia perekonomian khususnya di Indonesia. Perkembangan tersebut sangat terlihat terutama pada munculnya berbagai cara pembayaran yang baru yang jauh lebih aman, mudah dan efisien. Tetapi banyak oknum yang memanfaatkan perkembangan cara pembayaran tersebut secara negatif, seperti penipuan.

Salah satu bentuk upaya dalam mengatasi dan meminimalisir tindak pidana penipuan dalam transaksi jual beli online adalah dengan menggunakan Jasa Rekber (Rekening Bersama). Mungkin bagi para pelaku bisnis online atau jual beli online sudah tak asing lagi dengan istilah Rekber ini. Sedangkan yang masih awam dengan istilah ini sekilas akan mendefinisikan Rekber adalah rekening (tabungan) bank yang digunakan secara bersama - sama. Tapi bukan itu maksudnya. Rekening Bersama adalah suatu sistem pembayaran menggunakan transfer antar rekening, dalam jual beli barang / jasa yang menggunakan fasilitas pihak ke tiga (penyedia jasa rekber) untuk membantu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Pihak ketiga ini memiliki karakteristik independen, terpercaya, dan bersikap netral.

Dalam menggunakan jasa RekBer ada sebagai pengguna akan ditarik sejumlah fee atau biaya sesuai jumlah uang transaksi dan biasanya dijelaskan dalam aturan perjanjian penggunaan rekber tersebut. Untuk biaya fee rekber ditanggung atas kesepakatan dari penjual dan pembeli, siapa yang akan membayar fee tersebut. Bahkan ada juga RekBer yang gratis.

RekBer bisa dibuat resmi oleh sebuah situs / forum ataupun tidak resmi yang dibuat oleh beberapa anggota forum tersebut. Dan biasanya setiap situs atau forum jual beli online mempunyai rekber tersendiri, sehingga tidak semua rekber bisa dipakai dibeberapa situs atau forum jual beli online. Anda bisa menanyakan pada situs atau penjualnya langsung apakah ada fasilitas rekber di situs tersebut.

Cara Kerja


Cara Kerja Rekening Bersama adalah :

  1. Pembeli dan Penjual menyepakati deskripsi barang, harga, garansi, asuransi, ongkos kirim dan sebagainya, serta setuju untuk menggunakan jasa fasilitas Rekber dalam melakukan pembayaran barang / jasa tersebut.
  2. Kemudian Pembeli mentransfer dana serta fee rekber (jika ada) yang sudah disepakati ke Rekber. Pembeli mengkonfirmasi ke penyedia jasa rekber dengan format sesuai aturan dari rekber tersebut.
  3. Penyedia jasa rekber akan memverifikasi bahwa dana pembeli sudah masuk di rekeningnya.
  4. Penyedia jasa rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual untuk segera memproses / mengirim barangya kepada pembeli. Dan untuk penjual jangan lupa mengirimkan data banknya (sesuai aturan rekber) kepada pemegang rekber yang bersangkutan untuk memudahkan pencairan dana nantinya.
  5. Pembeli wajib mengkonfirmasikan kepada rekber jika barang sudah sampai.
  6. Setelah ada konfirmasi penerimaan barang dari pembeli kepada peneyedia rekber, maka rekber akan mencairkan dana ke penjual setelah di potong fee rekber.
  7. Penjual mengkonfirmasi bahwa uang transfer dari penyedia rekber sudah masuk. Transaksi selesai.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates